~~ Posting di blog ini kami dapat dari berbagai sumber...jadi mohon maaf jika kami sudah mencopas posting anda yang mungkin sedang mengunjungi blog ini.===http://mafia.mafiaol.com===http://pakatolik.blogspot.com===http://belajar.mujiono.com===http://idecrazy.blogspot.com===http://www.preceptorial.com===http://www.edumedia-sciences.com/en/===ini termaksud sumber dari posting blog in...Mohon maaf jika ada yang kurang berkenan !!!
~~ Terima kasih banyak atas kunjungan anda.~~+_"berbagi ilmu satu untuk semua"_+~~MASA DEPAN ADA PADA DIRIKU_+~~ Jangan lupa tinggalkan komentar atau pesan >_<

Minggu, 13 Januari 2013

IPA/Biologi : Perkembangbiakan dan Pertumbuhan pada Manusia

 Perkembangbiakan dan Pertumbuhan pada Manusia

Mungkin pada posting sebelumnya tentang tahap pertumbuhan pada manusia kurang lengkap informasinya
dan sekarang saya akan share lagi posting yang baru yang mungkin mudah dimengerti ya....
Makhluk hidup berkembang biak untuk melestarikan jenisnya agar tidak punah. Demikian pula manusia. Untuk melestarikan jenisnya, manusia berkembang biak secara kawin (generatif). Perkembangbiakan secara kawin terjadi karena ada proses penggabungan antara sel sperma dan sel telur. Sel sperma dihasilkan laki-laki dan sel telur dihasilkan perempuan.
Apakah perbedaan pertumbuhan dan perkembangan? Pertumbuhan adalah pertambahan ukuran tubuh. Contohnya, bertambahnya berat badan dan tinggi badan. Adapun perkembangan adalah kegiatan sel-sel dalam membentuk fungsi-fungsi khusus tubuh. Contohnya, ketika bayi kamu tidak dapat berjalan. Akan tetapi, sekarang setelah kamu Kelas VI, kamu dapat berdiri, melangkah, dan berjalan sendiri. Bandingkan keadaan tubuhmu sekarang dengan ketika masih Kelas I.
Perkembangbiakan manusia diawali dimulai dengan terjadinya penyatuan sel telur dan sel sperma. Dari mana sel telur dan sel sperma tersebut? Sel telur itu berada di dalam rahim ibu, sedangkan sel sperma dihasilkan pada tubuh laki-laki. Nah, sel telur yang telah bertemu sel sperma, menunjukkan telah terjadi roses pembuahan. Setelah pembuahan, sel telur berkembang menjadi embrio atau calon bayi atau janin. Tahukah kamu, calon bayi mengalami perkembangan di dalam rahim. Selama terjadi perkembangan itulah, wanita menjalani masa hamil.
Pertumbuhan dan perkembangan manusia berlangsung secara bertahap. Bagaimanakah proses yang terjadi pada masing-masing tahap? Untuk mengetahuinya, simaklah uraian berikut.
  • Masa Balita
Masa balita adalah masa anak di bawah usia lima tahun. Pada masa ini, anak tumbuh dan berkembang sangat pesatSaat baru lahir, kalian belum bisa melakukan apa-apa. Waktu usia sebulan, indra penglihat dan pendengar mulai berfungsi. Kalian sudah bisa melihat sinar dan mendengar suara. Pada usia 5–6 bulan, kalian mulai tengkurap dengan kepala tegak. Kalian mulai merangkak dan berdiri saat berusia 9–12 bulan. Ketika mencapai usia delapan belas bulan, kalian mampu berjalan sendiri. Pada usia 2–3 tahun, kalian mulai berbicara dalam kalimat yang sederhana. Memasuki usia tiga tahun, kalian mulai bisa mengungkapkan pikiran. Pengungkapan ini dapat berupa gerakan terhadap suatu benda. Masa pengungkapan ini merupakan masa bermain.
  • Masa Remaja
Masa remaja disebut masa puber, pada perempuan datang lebih cepat daripada laki-laki. Masa puber pada perempuan pada usia 9-13 tahun, sedangkan pada laki-laki pada usia 10 – 14 tahun. Pada masa puber terjadi perubahan fisik yang  jelas sangat kelihatan. Perubahan fisik perampuan berbeda dengan laki-laki.
Perkembangan Fisik pada Anak Laki-laki
Saat berusia sekitar 12-17 tahun, kamu memasuki masa remaja. Masa remaja sering disebut masa puber (pubertas). Pubertas ditandai dengan adanya perubahan-perubahan fisik. Perubahan fisik pada anak laki-laki, antara lain:
a.  Suara menjadi besar (berat)
b.  Tumbuh kumis, janggut, dan cambang
c.  Tumbuh rambut di ketiak dan pangkal paha
d.  Tumbuh jakun di leher
e.  Bahu lebih lebar sehingga dada membidang
f.   Pertumbuhan pada organ kelamin yang diikuti kematangan organ reproduksi
Perkembangan Fisik pada Anak Perempuan
Perkembangan fisik anak perempuan, meliputi:
a.   Suara menjadi lebih nyaring
b.  Organ reproduksi mulai menghasilkan sel telur, ditandai dengan datangnya haid atau menstruasi
c.   Payudara mulai berkembang
d.   Tumbuh rambut di ketiak dan pangkal paha
e.   Kulit menjadi lebih halus
  • Masa Dewasa
Masa dewasa satu tingkat lebih tinggi dari masa remaja. Masa ini terjadi pada usia sekitar 20 tahun. Pada masa ini tidak terjadi pertumbuhan fisik. Tetapi, pertumbuhan dan perkembangan secara emosional masih terjadi. Pada masa dewasa, orang akan berpikir untuk bekerja dan menikah.
  • Masa Lanjut Usia
Masa lanjut usia disebut masa tua. Pada masa itu terjadi penurunan fungsi organ  tubuh. Otot mulai melemah, kulit menjadi keriput. Selain itu tulang mengalami pengeroposan dan gigi  mulai tanggal. Ketajaman penglihatan berkurang dan rambut mulai beruban. Beberapa orang menampakan tanda penuaan pada usia 40 tahun.

Ditulis Oleh : Semeper Ngabang ~ Blog Smp Negeri 1 Ngabang

Anda sedang membaca sebuah posting yang berjudul IPA/Biologi : Perkembangbiakan dan Pertumbuhan pada Manusia,, Semoga posting ini bermanfaat untuk anda !!! Jangan lupa komentar dan klik like nya dari anda.::..Terima Kasih..::..datang lagi di blog ini !!! ....

:: Thank you for visiting ! ::

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Jangan lupa komentar nya...